Wednesday

Model Komunikasi Data

Komunikasi Data
a.    Model Dasar Komunikasi
Bentuk komunikasi yang paling umum adalah ketika seseorang berbicara kepada orang lain. dua elemen yang paling penting adalah Sender (pengirim) dan Receiver (penerima). Ketika seseorang berbicara dengan orang lain, pengirim menggunakan pikiran dan suaranya sebagai Coder untuk mengatakan komunikasi atau message (pesan) dalam bentuk yang dapat ditransmisikan. Pesan tersebut harus melewati beberapa jenis pathway (jalan) yang disebut Channel (saluran), untuk mencapai penerima.
b.    Perangkat Keras Komunikasi
Untuk melakukan komunikasi data, diperlukan beberap kebutuhan. Kebutuhan yang paling signifikan dan pertama kali harus diperhatikan yaitu kebutuhan perangkat keras komunikasi. Dalam bab ini akan dibahas beberapa kebutuhan perangkat keras dalam komunikasi data. Perangkat keras yang dibutuhkan pada dasarnya adalah pengirim, sistem transmisi , dan penerima data.
c.    Perangkat Lunak Komunikasi
Perangkat lunak memungkinkan semua unit perangkat keras datacom bekerja sebagai suatu system. Sebagian besar perangkat lunak berada pada host dan front-end processor, tetapi sebagian dapat berada dalam cluster unit dan terminal. Bermacam-macam nama digunakan untuk perangkat lunak, tergantung pada lokasinya.
d.    Pendekatan Jaringan pada Pemrosesan Data
Dalam Pendekatan Jaringan ini dibagi menjadi dua pendekatan yang disusun untuk membentuk Jaringan. Mereka ini adalah time-sharing dan distributed processing (pembagian waktu dan pemrosesan yang didistribusikan).
Time-Sharing
Jaringan time-sharing adalah jaringan yang terdiri dari satu komputer yang digunakan bersama oleh beberapa pemakai yang mendapatkan akses dengan menggunakan terminal. Terminal dumb cukup bisa digunakan sebab semua pemrosesan dilakukan oleh satu komputer.
Distributed Processing
Ketika komputer kecil mengalami kepolulerannya, perusahaan mengubah strateginya dan mulai mendisribusikan mini dan mikro ke seluruh organisasi perusahaan tersebut. Bila antara sistem ini disambungkan, maka teknik ini akan disebut sebagai distributed processing atau distributed data processing (pengolahan data terdistribusi) atau DDP.



Lukman, Adi. 2013. Komputer Sebagai Alat Bantu pada Sistem Informasi. http://adilukman23.blogspot.co.id. Diakses pada tanggal 28 Maret 2017

 

No comments: