Monday

Laporan Akhir Cobol, [UTS]

IDENTIFICATION DIVISION.
       PROGRAM-ID. OUTPUT.
       AUTHOR. IRENE.
ENVIRONMENT DIVISION.
DATA DIVISION.
       WORKING-STORAGE SECTION.
       77 DATA-MASUK.
       77 NAMA PIC A(20).
       77 NPM PIC 9(8).
       77 KELAS PIC X(15).
       77 UTS PIC 9(2).
       77 UAS PIC 9(2).
       77 Hasil PIC 9(2).
SCREEN SECTION.
       01 HAPUS LAYAR/
             02 BLANK SCREEN
PROCEDURE DIVISION.
       MULAI.
           DISPLAY CLS.
           DISPLAY INPUTAN
           ACCEPT INPUTAN.
           COMPUTE HASIL = (UTS * 0.7) + (UAS * 0.3)
           DISPLAY (9,8) 'HASIL : ', HASIL.
           IF HASIL > 60 DISPLAY (10,8) ‘ANDA LULUS’.
           IF HASIL < 50 DISPLAY (10,8) ‘ANDA GAGAL’.
           STOP RUN.

Sebelum menulis kodingan, COBOL mempunyai aturan penulisan, yaitu setiap kodingan selalu dimulai dengan 7 spasi, dan memulai program pada kolom ke 8. Untuk Display dan Isi dari Item data (level number selain 01) dimulai dengan 11 spasi dan memulai program pada kolom ke 12.
Arti dari statement di atas adalah, Identification Division menjelaskan program yang dibuat. Program ini dijelaskan dengan nama OUTPUT dan penulis yang membuat program ini adalah Irene.
Arti dari statement diatas adalah untuk informasi keadaan komputer yang dipakai. Disini tidak menggunakan configuration section dan input-output section.
Arti dari statement diatas adalah Data Division untuk informasi mengenai bentuk dan jenis data yang digunakan. Data divisi yang digunakan adalah Working-Storage dan Screen Section.
Kode 77 artinya file yang berdiri sendiri atau independent, nama file yang diberikan adalah Nama [dengan tipe data alphabeth, panjang 20 karakter (A adalah tipe data alphabeth], NPM [dengan tipe data number, panjang 8 karakter], Kelas [dengan tipe data alphanumerik, panjang 15 karakter], UTS [dengan tipe data numerik, 2 digit], UAS [dengan tipe data numerik 2 digit], Hasil [dengan tipe data numerik, 2 digit].
Screen Section adalah yaitu untuk mendefinisikan bentuk dari layar input / output. CLS dan Blank Screen adalah untuk menghapus layar.
Yang artinya adalah program cobol akan mengatur tampilan sesuai yang diminta. Kodingan ini hampir sama dengan kodingan Display (5,9) ‘Masukkan Nama’. Accept Nama. Namun kodingan tersebut masuk ke dalam bagian Procedure Division. Lain halnya dengan seperti kodingan pada gambar. Karena fungsi dari Screen Section tersebut adalah untuk mendifinisikan bentuk dari laya input/output, maka kodingannya adalah sama seperti pada gambar.
01 Inputan artinya adalah nama record tersebut bernama Inputan. Kemudian level number yang berisikan 02 adalah isi dari record Inputan. Line 4 column 8 value ‘Masukkan Nama : ‘ artinya adalah untuk mengatur tulisan Masukkan Nama : berada pada baris ke 4 kolom ke 8, begitu seterusnya. Column plus 1 pic A(20) to Nama artinya adalah untuk mengantur termpat inputan yang akan kita masukkan nanti sesuai dengan tipe data dan panjang data yang diminta, begitu seterusnya.
Arti dari kodingan di atas adalah, program terlebih dahulu menampilkan record CLS kemudian menampilkan record Inputan, lalu memberikan tempat untuk menginput pada Inputan. Lalu, inputan yang dimasukkan ke dalam variabel UTS dan UAS akan diproses dengan rumus (UTS * 0.7) + (UAS * 0.3). Lalu, hasil dari proses tersebut akan ditampilkan pada baris ke 9 dan kolom ke 8. Lalu, hasil dari proses tersebut masuk kedalam kondisi. Jika hasil proses tersebut memenuhi Hasil > 60, maka program akan mencetak Anda Lulus pada baris 10 kolom ke 8. Lalu, jika tidak memenuhi maka masuk ke eksekusi selanjutnya.

No comments: