Saturday

Manusia dan Penderitaan

PENGERTIAN PENDERITAAN

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Penderitaan bisa membawa dampak positif dan negatif bagi diri sendiri. Adakalanya penderitaan dapat membuat seseorang bangkit dan ada juga yang menganggap bahwa penderitaan yang dialami membuat seseorang berhenti untuk hidup.
 
sumber : https://devilmavioso.wordpress.com/update-post/tulisan/manusia-dan-penderitaan/





SIKSAAN

Penderitaan biasanya di sebabkan oleh siksaan. Baik fisik ataupun jiwanya. Siksaan atau penyiksaan biasanya digunakan untuk membuat hati seseorang tidak menjadi keras.  Siksaan dapat digunakan sebagai suatu cara interogasi untuk mendapatkan pengakuan. Siksaan juga dapat digunakan untuk membuat orang lain mengakui kesalahan.

PENDERITAAN DAN PERJUANGAN

Setiap manusia pasti mengalami penderitaan, baik secara berat ataupun ringan. Penderitaan adalah bagian kehidupan manusia yang bersifat kodrat. Oleh karena itu terserah pada kita, kita menghadapinya atau meninggalkannya.

Penderitaan dikatakan sebagai kodrat manusia, artinya manusia hidup sudah memiliki konsekuensi. Manusia berhak bahagia, manusia juga bisa menderita oleh karena setiap perbuatan kita memiliki konsekuensi. Karena itukita tidak boleh hidup pesimis, kita harus optimis. Karena hidup bukanlah serangkaian dari penderitaan. Kita hidup memang selalu ada suka dan dukanya.


PENGARUH PENDERITAAN TERHADAP KELANGSUNGAN HIDUP MANUSIA

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penderitaan dapat berdampak positif dan negatif.
Namun penderitaan yang terlalu lama juga dapat mengakibatkan gangguan mental, yang membuat setiap pribadinya merasa sangat tertekan hingga hilang kendali dan menjadi gila.
Gejala- gejala permulaan pada orang yang mengalami kekalutan mental sebagai berikut :
  • Fisiknya sering merasa pusing, sesak napas, demam dan nyeri pada lambung.
  • Jiwanya sering menunjukkan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis (kurangnya emosi, motivasi, atau antusiasme).
Terkadang kekalutan  mental bisa berujung pada gangguan jiwa  dikarenakan kepribadiaan yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna sehingga orang tersebut merasa rendah diri.


PUISI

SI MISKIN

Mereka tak pernah berubah
Hingga pakaian pun tetap sama setiap harinya

Mereka kreatif
Hingga semua pekerjaan mereka geluti

Mereka tak kenal lelah
Hingga tiada kata malam bagi mereka

Mereka bernyanyi untuk uang
Mereka memungut untuk uang
Mereka mengangkut untuk uang

Bagi mereka, nyawa adalah nomor dua
Keluarga adalah nomor satu

Mereka adalah
Si Miskin

No comments: