Sunday

Manusia dan Cinta Kasih

a)      Pengertian Cinta Kasih dan Sayang
 
Ada beberapa pendapat mengenai pengertian cinta kasih. Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminta, cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau rasa sayang (kepada), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian, arti cinta dan kasih itu hamper sama sehingga kata kasih dapat dikatakan lebih memperkuat rasa cinta. Oleh karena itu, cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Walaupun cinta dan kasih mengandung arti yang hampir sama, antara keduanya terdapat perbedaan, yaitu cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam, sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah pada orang atau yang dicintai. Dengan kata lain, bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan secara nyata.

Dr. Sarlito W. Sarwono mengemukakan bahwa cinta itu memiliki tiga unsur, yaitu ketertarikan, keintiman, dan kemesraan.

Cinta kasih adalah gabungan dari rasa keterikatan, keintiman dan kemesraan yang dibumbui belas kasihan dan diungkapkan dengan tanggung jawab.
b)     Pengertian Kasih Sayang
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang adalah awal dari cinta. Tanpa kita sadari, saat kita mengungkapkan cinta, kita dituntut untuk bertanggung jawab, pengorbanan, simpatik, saling terbuka, dan menjaga komunikasi kepada seseorang yang kita ungkapkan cinta.
c)      Macam-macam Cinta
Menurut Erich Fromm (1983 : 54) dalam bukunya Seni Mencintai mengemukakan tentang adanya berbagai macam-cinta yang dapat di uraikan sebagai berikut :
Cinta Diri Sendiri
Secara alami manusia mencintai dirinya sendiri (self love) dan banyak orang yang menafsirkan cinta diri sendiri diidentikan dengan egoistis. Mungkin terdengar seperti negatif, namun maksudnya adalah kita harus mencintai diri sendiri agar tidak merasa kekurangan dan minder terhadap orang lain. Tetapi ada baiknya jika kita juga bisa mengimbangi rasa cinta kita kepada orang lain.
Cinta Sesama Manusia / Persaudaraan
Cinta kepada sesama manusia atau persaudaraan (agape. Bahasa Yunani) itu merupakan watak manusia itu sendiri dan diwujudkan dalam tingkah laku atau perbuatannya kepada sesama manusia. Cinta ini bisa dibilang alamiah karena pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial yang butuh orang lain untuk melakukan sesuatu.
Cinta Erotis
Cinta yang erat dorongannya dengan dorongan seksual (sifat membirahikan) ini merupakan sifat eksklusif (khusus) yang bias memperdayakan cinta yang sebenarnya. Cinta dan hawa nafsu tidak jauh berbeda. Namun lebih baik cinta ini didasari dengan tanggung jawab
Cinta Keibuan
Kasih sayang itu bersumber dari cinta keibuan, yang paling asli dan yang terdapat pada diri seorang ibu terhadap anaknya sendiri.
Cinta terhadap Allah
Cinta ini adalah cinta yang paling murni. Karena cinta kepada Tuhan adalah ikhlas. Manusia juga pada dasarnya memiliki rasa takut akan dosa dan akibatnya. Oleh karena itu cinta ini disebut cinta yang paling murni dan tak bercacat.
Cinta terhadap Rasul
Ini merupakan ideal yang sempurna bagi manusia baik dalam tingkah laku, moral, maupun berbagai sifat luhur lainnya.

 sumber : https://spajie.blogspot.co.id/2015/05/tugasiii-ilmubudaya-dasar-manusia-dan.html 


PUISI

AKU SI PENCEMAS


Tahukah kamu bahwa kita masih muda?
Apakah terlalu dini untuk mengungkapkan perasaan?
Tidak, kan?
Jalan kita masih panjang, kan?
Aku hanya takut, kan?
Bahwa aku tidak dapat menerima kenyataan yang tidak aku inginkan.
Ya, kan?
Coba terka bagaimana perasaanku saat ini.
Sehingga setiap malam jika kau tertidur, aku gelisah.
Sehingga setiap malam aku selalu dihantui kenangan. Bukan kenangan masa lalu.
Tapi kenangan setiap kata yang sudah terucap dalam 24 jam ini.
Aku tidak bisa meninggalkan semuanya. Ya, kan?
Aku bahkan tidak tahu bagaimana perasaanmu jika aku pergi. Ya, kan?
Karena khawatir sendirian itu tidak enak.
Ya, kan?

No comments: