Monday

Manusia Dengan Harapan



Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan dapat diartikan sesuatu yang diinginkan dapat terjadi.
Setiap manusia itu pasti mempunyai harapan. Manusia tanpa harapan pada hakikatnya adalah mati. Mengapa disebut demikian? Karena orang mati sekalipun memiliki harapan yang biasanya diungkapkan sebagai pesan-pesan terakhir atau wasiat. Pasti kita sering mendengar harapan tersebut, dan harapan dari orang mati tersebut memiliki dampak yang besar.
Oleh karena itu, harapan juga tergantung dari keadaan lingkungan dan hubungan kita dengan orang lain.
Harapan harus berdasarkan kepercayaan,bukan hanya kepada diri sendiri, tapi juga kepada Tuhan. Supaya harapan kita tercapai, kita harus memiliki usaha dan tekad yang kuat. Seperti contohnya si A memiliki harapan akan menjadi orang sukses di tahun yang akan mendatang, maka dari itu si A akan melakukan beberapa kegiatan/usaha yang mendukung harapannya tersebut.

Apa sebab manusia mempunyai harapan?
Manusia adalah mahluk sosial. Bahkan saat dalam kandungan pun kita mengalami interaksi. Tidak ada satu manusiapun yang luput dari interaksi hidup.  Ada dua hal yang mendorong orang hidup berinteraksi dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup.
Dorongan kodrat, ialah sifat, keadaan atau pembawaan alamiah yang sudah ada dalam diri manusia. Misalnya menangis, bergembira, berpikir, berjalan, berkata, mempunyai keturunan dan sebagainya.
Dorongan kebutuhan hidup, sudah kodratnya bahwa manusia mempunyai bermacam – macam kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup itu pada garis besarnya dapat dibedakan atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.
Menurut Abraham Maslow sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manuis itu ialah :
a)      Kelangsungan hidup (survival)
b)      Keamanan (safety)
c)      Hak dan kewajiban mencintai dan dicintai (be loving and love)
d)      Diakui linkungan (status)
e)      Perwujudan cita – cita (self actualization)

Berikut adalah berita tentang harapan-harapan artis papan atas di tahun 2016 :
 http://ayobandung.com/read/20160101/65/6140/inilah-harapan-artis-indonesia-di-tahun-2016
 

No comments: